BEBERAPA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGUNAAN BONDEK UNTUK COR DAK RUMAH ANDA

BEBERAPA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGUNAAN BONDEK UNTUK COR DAK RUMAH ANDA

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan bondek untuk cor dak. Bondek adalah jenis baja ringan yang dilapisi galvanis dengan struktur yang kokoh dan dapat digunakan sebagai pengganti papan atau triplek dalam pengecoran dek rumah. Dengan kualitas yang lebih kuat dan tahan, bondek kini banyak digunakan dalam konstruksi berbagai pembangunan seperti gedung pencakar langit maupun bangunan-bangunan lain seperti rumah berlantai 2 atau lebih dan ruko-ruko. Penggunaan bondek dapat menghemat 30% biaya pengecoran, hal tersebutlah yang melatarbelakangi banyaknya proyek-proyek berskala kecil yang memilih bondek sebagai salah satu material utama dalam pembangunan mereka. Seperti halnya jenis material lainnya yang digunakan dalam berbagai proyek bangunan, tetap saja ada kelebihan dan kekurangan penggunaan bondek untuk cor dek rumah, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.Menghemat bagian bekisting yang merupakan cetakan penentu bentuk konstruksi beton yang masih fresh. Bondek dapat mengcover atau mengambil alih peran dari bekisting tersebut.
2.Dengan menggunakan bondek, anda tidak membutuhkan besi tulangan bagian bawah lagi. Karena bondek juga dapat mengambil alih peran besi tulangan sebagai penulangan positif satu arah dengan ketebalan 0,75 s/d 1 mm.
3.Jika dibandingkan dengan sistem pengerjaan konvensional, penggunaan bondek terhitung lebih murah dan lebih hemat dari segi penggunaan waktu pembangunan.
4.Penggunaan bondek dapat menjamin kerapihan bagian bawah plat lantai. Yang menjadi pertimbangan adalah, ketika menggunakan sistem konvensional dengan bekisting plywood, maka resiko beton akan mudah keropos dan retak lebih besar.
5.Berdasarkan uji ketahanan terhadap api, jika terkena kebakaran, plat bondek cenderung masih aman dan tahan dalam kurun waktu 2 jam dengan stabilitas serta integritas yang baik.
6.Plat bondek lebih tahan lama karena anti karat.
7.Pelat lantai baja ini (bondek) dapat dipesan sesuai dengan ukuran panjang yang dibutuhkan, namun tetap diusahakan panjang maksimum adalah 12 m.
8.Dengan adanya bentuk gelombang yang kokoh serta terdapat tonjolan-tonjolan di setiap sisi rusuk (atas dan miring) dapat memberikan sifat monolit yang baik antara pelat lantai dengan beton. Selain itu juga mampu menahan beban-beban besar, terutama bagi para pekerja.
9.Kelebihan dan kekurangan penggunaan bondek untuk cor dak rumah. Penggunaan bondek tidak bisa diterapkan pada sisi tepi gedung.
10.Kenaikan harga baja sangat mempengaruhi harga bondek sehingga harga bondek bisa berubah kapan saja, berbeda dengan bekisting plywood yang menggunakan bahan dasar papan/ kayu yang harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan harga bondek. Harga kayu pun bisa berubah kapan saja, namun tidak sedrastis harga bondek jika harga beton benar-benar naik. Hal ini disebabkan karena bahan dasar bondek adalah beton.
11.Kelebihan dan kekurangan penggunaan bondek untuk cor dek lainnya adalah dalam pengaplikasian bondek dibutuhkan keterampilan dan keahlian khusus dalam pengaturan bondek dalam penerapannya. Pengaturan yang bagus dapat meminimalisir kemungkinan material bondek yang terbuang.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan bondek untuk cor dek rumah anda. Untuk pemilihan bondek atau tidak tergantung pada konsumen yang tentu mengutamakan kualitas. Bondek dikenal ringan namun kuat terhadap tekanan bahkan gempa. Dalam pembangunan rumah atau proyek gedung perkantoran diharapkan mampu mempertimbangkan pemilihan material dengan bijak agar ketahanan dan kekokohan bangunan dapat berlangsung lama dan tidak membahayakan nyawa manusia yang bernaung di bawahnya.

Share this:

Team Kami:

BP. FADLY

BP. FADLY

BP. UMER